Beasiswa S2

Beasiswa StuNed Belanda, Kuliah S2 di Belanda Fully Funded 2021

Beasiswa StuNed Belanda – Kali ini kami ingin menginformasikan program beasiswa luar biasa dari Negeri Kincir Angin, beasiswa ini terbuka untuk melanjutkan gelar Master.  Program Beasiswa Stuned Belanda telah dibuka untuk semua siswa internasional di seluruh dunia. Beasiswa Studeren in Netherland atau biasa di sebut beasiswa StuNed  ini merupakan program beasiswa dari pemerintah Belanda yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang berdaya saing Global. Seperti yang saya sebutkan di awal, Beasiswa StuNed Belanda ini memberikan kesempatan bagi kandidat terpilih setiap tahun untuk belajar di universitas terkemuka Belanda, Penerima beasiswa dapat mengikuti program pembelajaran yang diselenggarakan dalam bahasa Inggris (program studi internasional) oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda pada Program Master. Program Beasiswa StuNed Belanda merupakan bagian dari kerjasama bilateral dari pemerintah Belanda dengan Indonesia.

Mahasiswa Program master akan mengikuti masa pendidikan selama 12-24 bulan di universitas / instiusi  pendidikan tinggi di Belanda dan diakhiri dengan diperolehnya gelar Master dari Belanda yang diakreditasi oleh NVAO (Nederlands – Vlaamse Accreditatie Organisatie).

Program beasiswa StuNed memberikan kesempatan bagi semua orang baik yang memiliki pengalaman kerja maupun  fresh graduate dan berfokus pada calon pelamar yang berasal dari Indonesia saja.

Cakupan Beasiswa StuNed Belanda

Beasiswa StuNed ini akan menanggung biaya perkuliahan, terasuk biaya berikut:

  1. Uang perkuliahan (maksimum EUR 20.000 per tahun)
  2. Biaya hidup (uang bulanan)
  3. Biaya perjalanan internasional dan lokal
  4. Biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi

Kriteria Persyaratan Beasiswa StuNed Belanda

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan melampirkan  Identitas KTP atau paspor.
  2. Pendidikan minimal D4/S1 dengan IPK minimal 3.00, dibuktikan dengan transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum di dalamnya.
  3. Sudah diterima pada salah satu program Master yang diselenggarakan di Belanda pada Institusi Pendidikan Tinggi Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (Letter of Acceptance / Admission Letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
  4. Lebih diutamakan bagi pelamar yang mempunyai pengalaman kerja yang relevan (minimal 3-4 tahun), dan terutama mereka yang mempunyai kualitas kepemimpinan dan potensi kewirausahaan. Bagi karyawan/pegawai, harus telah mendapatkan persetujuan dari institusi dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa karyawannya diijinkan untuk kuliah di Belanda. Surat pernyataan ini dapat dituliskan pada formulir StuNed. Tidak diperuntukkan bagi pelamar dari perusahaan multinational dan NGO internasional.
  5. Membuat pernyataan bahwa bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama mendapatkan beasiswa yang dituliskan pada Formulir StuNed.
  6. Mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 90, atau IELTS minimal 6.5.
  7. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes. Pelamar yang telah menyelesaikan studi di negara yang menggunakan bahasa Inggris atau lulus dari program internasional dibebaskan dari nilai TOEFL/IELTS, selama lulus maksimal 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran Beasiswa S2 StuNed.
  8. Berusia maksimal 40 tahun pada saat mendaftar
  9. Tidak sedang menempuh atau sudah mempunyai gelar S2 dari perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri
Baca Juga  Beasiswa Kuliah S2 Jerman 2020 DAAD Helmut Schmidit

Bidang Studi Prioritas Beasiswa StuNed Belanda

Beasiswa ini memberikan prioritas pada bidang-bidang berikut:

  1. Kewirausahaan Berkelanjutan – Ekonomi Sirkular (Sustainable Entepreneurship – Circular Economy)
  2. Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law)
  3. Agro-Pangan dan Hortikultura (Agro-Food and Horticulture)
  4. Pengelolaan Air (Water Management)

Program Beasiswa StuNed menitikberatkan pada pengembangan kapasitas individu dan institusi dalam rangka mendukung bidang-bidang tersebut dan memperkuat hubungan bilateral Belanda dan Indonesia.

Sasaran Beasiswa StuNed

Prioritas diberikan kepada pelamar yang:

  1. Program studi dan/atau area pekerjaannya berkaitan dengan bidang prioritas kerjasama bilateral Indonesia dan Belanda.
  2. Memiliki prestasi akademis dan non akademis yang sangat baik, yang dibuktikan dengan berbagai pencapaian di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Memiliki keunggulan kompetitif lain seperti kualitas kepemimpinan, kewirausahaan,  kemampuan berkomunikasi efektif dan kemampuan berbahasa Inggris. 
  4. Memiliki daya juang dan tingkat resiliensi yang tinggi.
  5. Berorientasi kepada dampak.

Kandidat idealnya memiliki komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi tempat mereka bekerja, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda dan juga meningkatkan efektifitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.

Deadline Beasiswa StuNed Belanda

  1. Pelamar mengajukan pendaftaran Beasiswa StuNed melalui platform DELTA (Deadline: 8 Maret 2021)
  2. Seleksi Tahap Pertama berupa seleksi dokumen dan administrasi (Maret – April 2021)
  3. Seleksi Tahap Kedua berupa tes psikologi dan wawancara (Minggu Ketiga April 2021)
  4. Pengumuman hasil akhir penerima Beasiswa StuNed untuk batch 2021 (Minggu Kedua Mei 2021)

Cara Pendafataran Beasiswa StuNed Belanda

Pendaftaran Beasiswa StuNed telah dibuka sekarang. sistem pendaftaran Beasiswa StuNed dilakukan melalui platform DELTA, online application yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk  persyaratan pendaftaran Beasiswa StuNed serta format dokumen yang dibutuhkan seperti motivation statement, co-funding statement, dan statement by employer yang perlu diunggah ke platform DELTA melalui tautan ini

Baca Juga  Beasiswa Azerbaijan Fully Funded untuk Kuliah S1, S2 dan S3

Perlu diperhatikan bahwa setiap universitas mempunyai tautan Delta tersendiri. Untuk mendapatkan tautan untuk pendaftaran Beasiswa StuNed, calon pelamar beasiswa harus mengontak pihak admission dari universitas di Belanda yang telah memberikan letter of admission. Anda juga bisa menemukan tautan Delta universitas melalui LINK INI. Jika universitas di Belanda tempat Anda diterima masih belum memiliki akses ke platform DELTA untuk pendaftaran Beasiswa StuNed Belanda, Anda dapat mengontak tim Beasiswa StuNed melalui email stunedcontact@nesoindonesia.or.id.

Sebelum mendaftar, Pastikan Anda telah menyiapkan seluruh dokumen yang perlu untuk diunggah. Setiap dokumen yang diunggah harus dalam format PDF dengan ukuran file tidak melebihi 5 MB.

Pada platform DELTA, ada 5 kategori dokumen yang harus diunggah ke dalam sistem:

  1. Pindaian paspor (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Passport)
  2. Academic Transcript and Certificate + English Language proficiency + Unconditional Offer letter (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Academic Transcript-Certificate_English_LOA)
  3. Employer Statement (if applicable) + Motivation letter (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Employer Statement_Motivation Letter)
  4. Co-funding Statement (if applicable) (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Co-funding)
  5. Other supporting docs such as awards, other certificate (if applicable) (diunggah dengan nama file: Applicant Full Name_Supporting Docs)

Untuk informasi lebih lanjut dan mempunyai pertanyaan seputar proses pendaftaran Beasiswa StuNed melalui platform DELTA, Anda dapat mengirimkan pertanyaan melalui Email stunedcontact@nesoindonesia.or.id.

Nah, itu dia informasi beasiswa StuNed Belanda, tunggu apa lagi silahkan mendaftar.

Back to top button

Adblock Detected

Untuk melanjutkan silahkan matikan Adblock anda (TURN OFF YOUR ADBLOCK)